Rabu, 20 Juli 2011

Kunci hidup Bhagia menurutku :)

Apakah rahasia hidp bahagia itu? Banyak orang yang mengidentkkan kebahagiaan dengan segala sesuatu yang berada diluar kita,seperti harta benda yang kita mliki.Apakah kita akan berbahagia jika mempunyai rumah yang indah,mobil yang mewah,penghasilan yang berlimpah,dan pasangan hidp dan anakanak yang tampan dan cantk? Mungkin kita akan mengatakan "iya". Tapi,percayalah itu tidak akan berlangsung lama.

bahagiaan yang disebabkan hal hal diluar kita adalah kebahagiaan semu, Kebahagiiaan itu akan segera hilang begitu kita berhasil memiliki barang tersebut,kita melihat kawan kta yang  membeli mobil mewah,handphone canggih atau sekedar baju baru,kita ingin memilikinya.

Anehnya,begitu kita berhasl memiliknya,rasa bahagia itu segera hilang.kita merasa biasa biasa saja.Bahkan, kita mulai melirik orang lain yang memiliki barang yang lebih bagus lagi dari pada yang kita miliki.
kita kembali berangan angan untuk memiliknya.Demkianlah seterusnya.Dan kita tidak akan pernah bahagia.

Coba katakan pada diri kita sendiri,"saya sudah memlih ntuk bahagia apapun yang akan terjadi."  kita aka merasa bahagia walaupun kondisi diluar tidak sesuai dengan keingnan kita.Semua itu tidak akan mengganggu karea kita tidak menempatkan kebahgiaan kita disana.


kebahagiaan yang haqiqi terletak di dalam diri kita sndiri sebenarnya.inti kebahagiaan ada pada pkiran kita.Ubahlah cara berpikir dan pastinya kita  akan segera mendaptkan kabahagiaan dan ketenyraman batin.
ada tiga pikiran yg senantiasa kta utuhkan,saya mendapatkan gagasan mengenai tiga kunci kebahagiaan ini setelah merenungkan arti tasbih,tahmid,dan takbir yang kita ucapkan tiap hari tapi sering tanpa makna yang mendalam.Saya kira ajaran seperti ini bkan hanya kita temukan dalam islam sja, tetap juga dalam ajarn agama yg lain.

Kunci kebahagiaan pertama adalah rela memafkan. ya,, coba renungkn kata subhanalloh .Tuhanlah yang maha suci, sementara manusia dalah tempat kesalahan dan kealpaan .Kesempurnaan manusia justru terletak pada ketdaksempurnaanya,dengan memahami knsep ini, hati kita aka selalu terbuka untuk memafkan orang lain.

Kunci kedua adalah bersyukur.Coba renungkan  kata alamdulillah.Oran uang bahagia adalah orang yang senantiasa mengucapkan alhamdulillah dalam situasi apapun, Ini seperti cerita seorang petani miskin yang khilangan kuda satu satunya.Orang orang di desanya amat priatin terhadap kejdaian itu,namun ia hanya mengatakan alhamdulllah

Seminggu kemudian kuda tersebut kembail kerumahnya sambil membawa serombongan kuda liar.Peani itu mendadak menjadi orang kaya.Orang orang di desanya berduyun duyun mengucapkan alhamdullah.

Tak lama kemudian  petani ini kembali mendapat musibah anaknya yang berusaha menjinakka kuda liar terjatuh sehingga patah kaknya.Orang orang desa merasa amat priatin, tapi sang petani hanya mengatakan alhamdulillah, ternyata seminggu kemudian tentara masuk kedesa itu untuk mencari para pemuda untuk wajib militer, semua pemuda diboyong eluar desa kecual anak sang petani karena kakinya patah,melihat hal itu sang petani hanya berkata sinkat,alamdulillaj.
Cerita isangat inspiratif karena dapat menunjukan kepada kita bahwa apa yang kelihatan baik,belum tentu baik/Sebaliknya apa yang kelihatan buruk belum tentu buruk, Orang t\yang bersyukur tidak terganggu dengan apa yang diluar karena ia selalu menerima apa saja yang dihadapi.

Kunci ketiga kebahagiaan mennurutku adalah tidak membesar mbesarkan hal hal kecil.Coba renungkan kalimat allohu akbar, kita  akan merasa bahwa hanya tuhanlah yang maha besar dan banyak hal hal yang kita pusngkan setiap hari sebenarnya adalah msalah2 kecil.Msalah masalah ini bahkan tidak akan pernah kita ingat satu tahun lagi dari sekarang.


soo kunci kebahagiaan tergantung diri kita sendiri
apapun yang terjadi apapun yang allah berikan kepada kita baik lahir maupun batin mari kita syukuri
karna dengan bersyukur hidup menjadi indah :))

TQ
Jazakllahukhairan

Hamba yang lemah tiada daya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar